Accelerated Processing Unit (APU)

Accelerated Processing Unit (APU) adalah sistem pengolahan yang meliputi kemampuan pemrosesan tambahan yang dirancang untuk mempercepat satu atau lebih jenis komputasi di luar CPU. Termasuk Graphic Processing Unit (GPU) yang digunakan untuk tujuan umum komputasi (general purpose computing - GPGPU), field-programmable gate array (FPGA), atau sistem pemrosesan khusus lainnya.


Variasi dari penggunaan istilah ini termasuk variasi dimana APU digambarkan sebagai perangkat pengolahan yang mengintegrasikan CPU dan GPU yang kompatibel OpenGL pada die yang sama, sehingga meningkatkan kecepatan transfer antara komponen sekaligus mengurangi konsumsi daya lebih dari 50%.

APU juga dapat mencakup pemrosesan video dan akselerator aplikasi khusus lainnya. Seperti AMD Fusion, Cell (mikroprosesor), Intel HD Graphics, dan Project Denver NVIDIA.

Istilah APU pertama kali digunakan dalam konteks publik komputasi pada tahun 2006. Yang sebelumnya, digunakan oleh Joe Landman, dari Scalable Informatics, dalam berbagai presentasi dan rencana bisnis yang ditulisnya. Sedangkan Xilink, sebuah perusahaan penyedia perangkat pemrograman logis, menggunakan istilah ini untuk auxiliary processing unit (unit prosesor tambahan).
Diberdayakan oleh Blogger.